Dalam hidup ada yang namanya kemenangan.. dimana ada kemenangan pasti ada kekalahan. banyak yang bilang kalau kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Kekalahan sangat menyakitkan apabila kita sangat berharap dan tidak mendapatkannya, terlebih bila tidak disertai perasaan untuk menerima kekalahan tersebut.
 
Banyak orang merasa gagal dan tidak memiliki semangat hidup lagi saat menerima kekalahan tersebut. Bahkan terkadang kekalahan ini membawa emosi jiwa yang berlarut-larut dan akhirnya membawa kita dalam keadaan depresi dan merasa sangat tidak berguna.
 
Dalam kekalahan, bukan selalu berarti kita kalah, kita masih bisa menang, kita masih bisa mencapai keadaan yang kita harapkan, tetapi hal utama bangkit dari kekalahan adalah tekad dan kemauan dalam diri kita, dan juga kerelaan menerima kenyataan bahwa yang kita harapkan tidak selamanya bisa menjadi kenyataan. Inilah dinamika kehidupan. Inilah perjalanan hidup manusia, dimana terkadang kekalahan itu juga memiliki makna yang dalam. Dengan kekalahan, kita diterpa untuk berusaha. Dengan kekalahan, kita dipaksa untuk membuka mata kita terhadap kemenangan orang. Dengan kekalahan, kita belajar untuk menerima dan bersikap rendah hati. Dengan kekalahan, kita diharapkan bangkit. Dengan kekalahan, kita bisa menatap hal-hal indah di sekitar kita.
 
lalu Setiap kita di dalam hidup ini pasti ingin selalu mengalami kemenangan. Apa iya sebenarnya itu yang kita inginkan? Sebenarnya apa sih arti sebuah kemenangan itu?
 
Kemenangan bukanlah hanya waktu kita berhasil mengalahkan lawan di suatu pertandingan. Dan bukan hanya waktu kita berhasil mencapai prestasi terbaik. Bukan juga waktu kita berhasil mendapatkan semua yang kita inginkan dalam hidup ini.
 
Tapi, kemenangan adalah saat di mana kita dapat melawan suatu kegagalan.
 
Saat di mana kita dapat mengatasi musibah.
 
Saat di mana kita dapat bangkit dari suatu keadaan yang menyedihkan.
 
Dan, saat di mana kita merasa sangat terpuruk namun kita mampu berjuang menghancurkan semua cobaan itu.
 
Kemenangan adalah saat di mana kita dapat menjadikan itu semua sebagai pertanda betapa sayangnya Sang Maha Pencipta kepada kita.
 
Saat dimana kita menyadari, kita bisa belajar banyak dari semua kegagalan yang kita alami.
 
Dan, kemenangan adalah saat di mana kita melangkah begitu mantap dan yakin bahwa kita begitu hebat untuk sekedar melawan suatu kegagalan kecil. Bukan untuk menyombongkan diri tapi karena kita tahu bahwa Tuhan Sang Pencipta ada bersama kita.
 
Kemenangan adalah saat dimana kita dapat mengalahkan diri kita sendiri, mengalahkan ego kita sehingga kadang-kadang kita merindukan sebuah kegagalan. Karena kegagalanlah yang membuat kita sadar di mana kita berada dan siapa kita
 
Quote saya “banyak pepatah mengatakan hidup itu bagai roda yang berputar kadang diatas kadang di bawah, sama halnya seperti kemenangan dan kekalahan. kita tidak selamanya menang pasti kita akan merasakan kekalahan. tetapi kekalahan tidak selalu buruk karena dari kekalahan kita bisa belajar untuk menggapai kemenangan kedepannya dan dapat merubah kita menjadi lebih dewasa dalam menjalani hidup”