Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Sedangkan teknologi merupakan bagian integral dalam setiap budaya.

Semakin maju suatu budaya, semakin banyak dan canggih teknologi yang digunakan, dimana teknologi merupakan sistem yang diciptakan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu, yang pada intinya mempermudah manusia dalam memperingan usahanya, meningkatkan hasilnya, dan menghemat tenaga serta sumber daya yang ada.

Inovasi dalam bidang teknologi informasi selalu berkembang pesat. Masyarakat selaku pengguna memerlukan akses yang cepat dan akurat untuk mendapatkan informasi. Masyarakat memerlukan suatu mekanisme yang dapat berperan aktif dalam proses penyebarluasan informasi sehingga masyarakat lebih mudah untuk menerima.

 

Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang. Dari pengertian tersebut membuat informasi sangat penting semua kalangan.

 

Teknologi informasi pun memiliki dampak positif yaitu:

1. Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.

2. Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.

3. Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.

4. Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.

5. Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.

6. Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan pekerjaan baru lainnya.

 

Namun dibalik kelebihan tersebut teknologi informasi juga memiliki dampak negatif antara lain:

1. Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.

2. Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.

3. Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.

4. Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.

 

Semua kebijakan atau suatu perkembangan pasti diikuti sisi positif dan negatif termasuk dalam perkembangan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita dan hendaknya kita sendiri yang mewaspadai fenomena yang terjadi supaya bisa meminimalisir sisi yang negatif.

 

referensi:http://forum.kompas.com/jaringan-telekomunikasi-dan-internet/206391-dampak-positif-negatif-perkembangan-teknologi-informasi.html