E-COMMERCE

A. Definisi E-Commerce.E-commerce adalah Perdagangan elektronik atau e-dagang. E-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

C.MANFAAT PERDANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Manfaatnya yaitu memudahkan bagi seorang atau perusahaan untuk membeli barang yang ingin di beli atau di jual melalui media elektronik seperti melalui penjualan online.
Sebagian besar dari perdangan ini dilakukan oleh para konsumen bisnis agar memudahkan proses pembelian antar perusahaan-perusahaan.

D.KENDALA PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Salah satu kendala dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.Dalam pembelian misalakan,konsumen hanya melihat gambar,foto atau bukti sebagainya saja tanpa melihat keaslian bentuk dan isi dari barang tersebut.
Oleh karena itu mungkin banyak para konsumen yang kecewa karena pembelian melalui jaringan elektronik,dan itu menurut saya salah satu kendalanya.

E.JALAN MENUJU PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Untuk menuju perdagangan melalui jaringan elektronik menurut saya tidak semudah yang di bayangkan,perlu juga keahlian khusus seperti mengelola web dan sebagainya.Oleh karena itu tidak semua orang atau perusahaan memiliki tempat untuk perdagangan melalui jaringan internet.

F.STRATEGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
e-commerce mengatakan bahwa transaksi e-commerce jauh lebih aman daripada pembelian kartu kredit biasa. Setiap kali anda membayar menggunakan kartu kredit di toko, di
restaurant, di glodok, di mangga dua atau melalui telepon 800 setiap kali anda membuang
resi pembelian kartu kredit anda sebetulnya telah membuka informasi kartu kredit
tersebut untuk dicuri. Sejak versi 2.0 dari Netscape Navigator dan Microsoft Internet
Explorer, transaksi dapat di enkripsi menggunakan Secure Sockets Layer (SSL)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html, sebuah protokol yang akan
mengamankan saluran komunikasi ke server, memproteksi data pada saat dikirimkan
melalui Internet. SSL menggunakan public key encryption, salah satu metoda enkripsi
yang cukup kuat saat ini. Untuk melihat apakah sebuah Web site di amankan
menggunakan SSL dapat dilihat pada awal URL digunakan https bukan http.
Pembuat browser dan perusahaan kartu kredit saat ini mempromosikan sebuah standar
tambahan bagi keamanan di namakan Secure Electronic Transaction (SET)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html.

1.SISTEM ANTAR ORGANISASI

A.MANFAAT IOS (INTRA ORGANIZATIONAL SYSTEM)
Sistem antar organisasai (IOS) adalah suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS :
Efisiensi komparatif : internal dan antar organisasi
Kekuatan tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dng pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
§ Keistimewaan produk yang unik
§ Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
§ Peningkatan biaya peralihan.

2.PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan. Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan.
Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses transaksi.

Tingkat penerapan EDI.
Tiga tingkat penggunaan EDI :
§ Pemakai tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
§ Pemakai tingkat dua : banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang.
§ Pemakai tingkat tiga : aplikasi komputer disesuaikan dengan standart EDI.Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokument kertas menjadi dokumen elektronik. Tingkat penggunaan ini digambarkan sebagai pendekatan pintu ke pintu, karena hanya mempengaruhi komunikasi data dan bukan aplikasi.

Manfaat EDI :
Ø Mengurangi kesalahan
Ø Mengurangi biaya
Ø Meningkatkan efisiensi opersional
Ø Meningkatkan kemampuan bersaing
Ø Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
Ø Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Teknologi perdagangan melalui Jaringan elektronik.Ada tiga pilihan utama, yaitu :

Sambungan langsung
Jaringan bernilai tambah (Value Added Network – VAN)
Internet

A.HUBUNGAN EDI YANG UMUM
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dengan pemasoknya dan pelanggannya. Kaitan dengan pemasoknya dinamakan sisi pasokan (supplay side) dan kaitan dengan pelanggannya dinamakan sisi pelanggan (customer side).

B.STANDAR EDI
Format standar memungkinkan para mitra bisnis bertukar data tetapi memerlukan suatu proses translasi data sebelum mengirim dan setelah menerima. Translasi diperlukan karena aplikasi komputer para mitra bisnis umumnya tidak menangani data dalam format yang sama (standar). Sehingga diperlukan perangkat lunak pemetaan (mapping software).
Selain itu dijumpai pula transfer dana secara elektronik melalui jaringan komputer yan dinamakan dengan electronic funds transfer – EFT. Hal tersebut juga memiliki peranan penting dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.

C.TINGKAT PENERAPAN EDI
EDI bukanlah suatu strategi yang harus dilaksanakan sekaligus (mutlak) atau sama sekali tidak. Para mitra bisnis dapat menerapkannya dalam berbagai tingkatan. Tingkatan yang dimaksud yaitu :

Pemakai tingkat satu; hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra bisnis yang terbatas.
Pemakai tingkat dua; banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis.
Pemakai tingkat tiga; banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis dan juga aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

D.MANFAAT EDI
Penerapan EDI dapat meberikan manfaat langsung yang berasal dari penggunaan teknologi dan manfaat tidak langsung, yakni :

Mengurangi kesalahan
Mengurangi biaya
Meningkatakan efisiensi operasional
Meningkatkan kemampuan bersaing
Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
Meningkatkan pelayanan pelanggan

E.TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Iklan