OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D).

            Untuk membuat aplikasi OpenGL  bisa membuatnya dengan berbagai aplikasi program seperti  C/C++,java,vb dan lainnya. Dibawah ini adalah aplikasi yang menurut saya mudah untuk menginstallnya dan mudah dalam membuat aplikasi untuk openGL , silahkan download aplikasi dibawah ini :

-DEV-C++ 4.9.9.2  (http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html )

Download juga pelengkap programnya yaitu glut.3.7.6+ (bisa search di goole ).

Cara peninstallan :

INSTALL DEV-C++ 4.9.9.2
SETELAH ITU PILIH TOOLS – PACKAGE MANAGER. MAKA AKAN MUNCUL JENDELA PACKAGE MANAGER LALU PILIH PACKAGE YANG ADA PADA STATUS BAR LALU PILIH ISTALL PACKAGE MAKA AKAN MUNCUL JENDELA UNTUK MENCARI PACKAGE CARI glut.3.7.6+ YANG SUDAH ADA PADA KOMPUTER ANDA LALU INSTALL
SETELAH PROSES INSTALLASI DEV-C++ DAN GLUT SELESAI PILIH FILE –NEW -PROJECT YANG ADA PADA STATUS BAR
MAKA MUNCUL JENDELA NEW PROJECT LALU PILIH MULTIMEDIA DAN LALU PILIH OPENGL LALU PILIH OK
AGAR PROJECT BISA DICOMPILE TAMBAHKAN
-lglut32
-lglu32
-lopengl32
-lwinmm
-lgdi32

CARANYA PILIH PROJECT – PARAMETERS – TAMPAHKAN PADA KOTAK DIALOG LINKER.

SETELAH KITA BUAT PROJECT BARU MAKA SECARA OTOMATIS PADA LAYAR AKAN MUNCUL BANYAK KODING YANG ANDA PERLU GANTI HANYA PADA :
“/* OpenGL animation code goes here */”

Fungsi / perintah dalam OpenGL

Kegunaan

glPointSize(Glfloat Size);

Menentukan besar titik

glBegin(GL_POINTS) … glEnd();

Menggambar titik

glColor3f(…);

Menentukan warna

glVertex3f( …);

Menentukan posisi sebuah titik

glTranslatef(…);

Mengubah posisi titik pusat sumbu koordinat

glPushMatrix(); .. glPopMatrix()

Membuat baris kode diantaranya menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glLineWidth(Glfloat Width);

Menentukan lebar garis

glBegin(GL_LINES); … glEnd();

Menggamabr garis

glBegin(GL_LINE_STRIP); … glEnd();

Menggambar garis terhubung (cara 1)

glBegin(GL_LINE_LOOP); … glEnd();

Menggambar garis terhubung (cara 2)

glBegin(GL_TRIANGLES); … glEnd();

Menggambar segitiga

glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP); … glEnd();

Menggambar segitiga terhubung (cara 1)

glBegin(GL_TRIANGLE_FAN); … glEnd();

Menggambar segitiga terhubung (cara 2)

Selamat mencoba dan bersenang-senang dengan aplikasi ini, semoga membantu anda dan memberikan pencerahan mengenai openGL.